Standar Pelayanan

Akta Kelahiran

15 Jun 2024, 06:23:29 WITA

A.    Pencatatan Kelahiran

Pemohon mengisi  dan menandatangani  Formulir Pelaporan  Pencatatan  Sipil  (F-2.01) yang  diisi lengkap  dan  ditandatangani  oleh pemohon/Pelapor.

B.    Persyaratan Umum:

1.     Surat  Keterangan  Kelahiran/SPTJM Kebenaran Data  Kelahiran  bagi  pemohon  yang  tidak memiliki surat keterangan kelahiran;

2.     Buku  Nikah/kutipan  akta  perkawinan  atau bukti  lain  yang  sah/SPTJM  Kebenaran  Data sebagai  Pasangan  Suami  Istri  bagi  pemohon yang  idak  memiliki  buku nikah/kutipan akta perkawinan  atau  bukti  lain  yang  sah  tetapi status  hubungan  dalam Kartu  Keluarga  (KK)menunjukan sebagai suami istri.

3.     Kartu Keluarga;

4.     KTP-el orangtua; dan

5.     KTP-el 2 (dua) orang saksi.

C.    Persyaratan  Bagi  WNI yang  Tidak  Diketahui Asal-Usulnya:

1.     Berita acara dari kepolisian;

2.     Surat  pernyataan  tanggung  jawab  mutlak kebenaran data kelahiran;

3.     KTP-el 2 (dua) orang saksi.

D.    Persyaratan Bagi Orang Asing:

1.     Surat keterangan kelahiran;

2.     Dokumen Perjalanan;

3.     KTP-el  atau  kartu  izin  tinggal  tetap  atau kartu  izin  tinggal  terbatas  atau  visa kunjungan.

A.    Layanan Tatap Muka di kantor Dinas Dukcapil

1.     Pemohon mengambil nomor antrian;

2.     Pemohon mengisi formulir permohonan;

3.     Pemohon menyerahkan berkas persyaratan kepada petugas;

4.     Pemeriksanaan berkas  oleh  petugas.  Jika berkas/dokumen permohonan tidak memenuhi syarat  administrasi  maka  permohonan  akan dikembalikan/ditolak;

5.     Pemohon mendaftarkan Akta Kelahiran dan menerima tanda bukti permohonan;

6.     Pemohon menerima Akta Kelahiran.

 

B.    Pengajuan Melalui Aplikasi Galuh Sanggam

1.     Melalui aplikasi Galuh Sanggam

2.     Pemohon membuka aplikasi Galuh Sanggam;

3.     Pemohon mengisi formulir digital;

4.     Pemohon mengunggah persyaratan;

5.     Jika pengajuan gagal, pemohon melengkapi berkas pengajuan sesuai notifikasi dan melakukan pengajuan kembali;

6.     Jika pengajuan selesai, pemohon dapat mengunduh file pdf Akta Kelahiran serta dapat mencetak secara mandiri.

 

C.    Pengajuan Melalui Whatsapp

1.     Pemohon mengirim foto/scan formulir dan persyaratan melalui nomor layanan Whatsapp;

2.     Pemeriksanaan berkas  oleh  petugas.  Jika berkas/dokumen permohonan tidak memenuhi syarat  administrasi  maka  permohonan  akan dikembalikan/ditolak;

3.     Jika pengajuan selesai, pemohon dapat mengunduh file pdf Akta Kelahiran serta dapat mencetak secara mandiri.

1 (satu) hari kerja

Tidak dipungut biaya

Kutipan Akta Kelahiran

v  Sarana Pelayanan Pengaduan, Saran dan Masukan:

1.       Ruang Informasi/Pengaduan

2.       Kotak Saran

3.       E-mail : disdukcapilbalangan@gmail.com

4.       WhatsApp: +62 812-1008-0075

5.       Website: http://disdukcapil.balangankab.go.id

6.       Aplikasi: Galuh Sanggam

7.       Instagram: @disdukcapil_blg

8.       Facebook: @disdukcapil.balangan

9.       LAPOR

10.    Ombudsman: 137 (Telp), 0821-3737-3737 (WhatsApp)

 

v  Penanganan Pengaduan melalui media tersebut di atas akan ditindaklanjuti dengan tahapan sebagai berikut: melaksanakan pengecekan dan klarifikasi antara informasi pengaduan dan petugas berkaitan.

v  Responsif pengaduan maksimal 2 (dua) hari kerja sejak diterimanya pengaduan di hari dan jam kerja.


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!
Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website Lapor Unduh Play Store Unduh Apps Store

Link ke Layanan Online

Galuh Sanggam