Standar Pelayanan

Akta Pengesahan Anak

15 Jun 2024, 07:12:24 WITA

A.    Akta Pengesahan Anak WNI

1.     Kutipan akta kelahiran;

2.     Kutipan akta perkawinan yang menerangkan terjadinya peristiwa perkawinan agama atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa terjadi sebelum kelahiran anak;

3.     KK orang tua;

4.     KTP-el.

B.    Akta Pengesahan Anak Orang Asing

1.     Kutipan akta kelahiran;

2.     Kutipan  akta  perkawinan  yang menerangkan  terjadinya  peristiwa perkawinan  agama  atau  kepercayaan terhadap  Tuhan  Yang  Maha  Esa  terjadi sebelum kelahiran anak;

3.     KK orang tua;

4.     KTP-el / SKTT;

5.     Dokumen  perjalanan  bagi  ayah  atau  ibu Orang Asing

C.    Pencatatan Pengesahan Anak Penduduk yang dilahirkan  sebelum  orangtuanya melaksanakan  perkawinan  sah  menurut hukum agama  atau  kepercayaan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa

1.     Penetapan Pengadilan;

2.     Kutipan akta kelahiran;

3.     Kutipan  akta  perkawinan  yang menerangkan  terjadinya  peristiwa perkawinan  agama  atau  kepercayaan terhadap  Tuhan  Yang  Maha  Esa  terjadi sebelum kelahiran anak;

4.     KK orang tua;

5.     KTP-el.

1.     Pemohon datang ke kantor Disdukcapil;

2.     Pemohon mengambil nomor antrian;

3.     Pemohon mengisi formulir permohonan (F-2.01);

4.     Pemohon menyerahkan berkas persyaratan kepada petugas;

5.     Pemeriksanaan berkas oleh petugas. Jika berkas/dokumen permohonan tidak memenuhi syarat administrasi maka permohonan akan dikembalikan/ditolak;

6.     Pemohon mendaftarkan Akta Pengesahan Anak dan menerima tanda bukti permohonan;

7.     Pemohon menerima Akta Pengesahan Anak.

8.      

 

1 (satu) hari kerja

Tidak dipungut biaya

Kutipan Akta Pengesahan Anak

v  Sarana Pelayanan Pengaduan, Saran dan Masukan:

1.       Ruang Informasi/Pengaduan

2.       Kotak Saran

3.       E-mail : disdukcapilbalangan@gmail.com

4.       WhatsApp: +62 812-1008-0075

5.       Website: http://disdukcapil.balangankab.go.id

6.       Aplikasi: Galuh Sanggam

7.       Instagram: @disdukcapil_blg

8.       Facebook: @disdukcapil.balangan

9.       LAPOR

10.    Ombudsman: 137 (Telp), 0821-3737-3737 (WhatsApp)

 

v  Penanganan Pengaduan melalui media tersebut di atas akan ditindaklanjuti dengan tahapan sebagai berikut: melaksanakan pengecekan dan klarifikasi antara informasi pengaduan dan petugas berkaitan.

v  Responsif pengaduan maksimal 2 (dua) hari kerja sejak diterimanya pengaduan di hari dan jam kerja.


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!
Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website Lapor Unduh Play Store Unduh Apps Store

Link ke Layanan Online

Galuh Sanggam