Standar Pelayanan

Surat Keterangan Pindah

15 Jun 2024, 00:10:42 WITA

A.    Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI)

1.     Kartu Keluarga;

2.     KTP-el;

3.     Surat  pernyataan  di  atas  materai  tidak keberatan  penggunaan  alamat  dalam dokumen kependudukan dari pemilik rumah untuk  digunakan  oleh  Penduduk  yang menempati  tempat  tinggal  yang  bukan miliknya.

B.    Surat  Keterangan  Pindah  Orang  Asing (SKPOA)

1.     KK/SKSKP;

2.     KTP/SKTT;

3.     Dokumen perjalanan;

4.     KITAS/KITAP;

5.     Surat  pernyataan  di  atas  materai  tidak keberatan  penggunaan  alamat  dalam dokumen  kependudukan  dari  pemilik rumah  untuk  digunakan  oleh  Penduduk yang menempati tempat tinggal yang bukan miliknya.

C.    Perpanjangan Surat Keterangan Pindah

1.     SKPWNI/SKPOA;

2.     Kartu Keluarga;

3.     KTP-el/SKTT.

4.     Pembatalan Surat Keterangan Pindah

5.     SKPWNI/SKPOA

6.     Kartu Keluarga;

7.     KTP-el/SKTT;

8.     4. Surat Pernyataan Pembatalan Pindah.

A.    Layanan Tatap Muka di kantor Dinas Dukcapil

1.     Pemohon mengambil nomor antrian;

2.     Pemohon mengisi formulir permohonan;

3.     Pemohon menyerahkan berkas persyaratan kepada petugas;

4.     Pemeriksanaan berkas  oleh  petugas.  Jika berkas/dokumen permohonan tidak memenuhi syarat  administrasi  maka  permohonan  akan dikembalikan/ditolak;

5.     Jika berkas memenuhi syarat administrasi maka petugas memproses permohonan;

6.     Pemohon Surat Keterangan Pindah.

 

B.    Pengajuan Melalui Aplikasi Galuh Sanggam

1.     Melalui aplikasi Galuh Sanggam

2.     Pemohon membuka aplikasi Galuh Sanggam;

3.     Pemohon mengisi formulir digital;

4.     Pemohon mengunggah persyaratan;

5.     Jika pengajuan gagal, pemohon melengkapi berkas pengajuan sesuai notifikasi dan melakukan pengajuan kembali;

6.     Jika pengajuan selesai, pemohon dapat mengunduh file pdf Surat Keterangan Pindah serta dapat mencetak secara mandiri.

 

C.    Pengajuan Melalui Whatsapp

1.     Pemohon mengirim foto/scan formulir dan persyaratan melalui nomor layanan Whatsapp;

2.     Pemeriksanaan berkas  oleh  petugas.  Jika berkas/dokumen permohonan tidak memenuhi syarat  administrasi  maka  permohonan  akan dikembalikan/ditolak;

3.     Jika pengajuan selesai, pemohon dapat mengunduh file pdf Surat Keterangan Pindah serta dapat mencetak secara mandiri.

1 (satu) hari kerja

Tidak dipungut biaya

Surat Keterangan Pindah

v  Sarana Pelayanan Pengaduan, Saran dan Masukan:

1.       Ruang Informasi/Pengaduan

2.       Kotak Saran

3.       E-mail : disdukcapilbalangan@gmail.com

4.       WhatsApp: +62 812-1008-0075

5.       Website: http://disdukcapil.balangankab.go.id

6.       Aplikasi: Galuh Sanggam

7.       Instagram: @disdukcapil_blg

8.       Facebook: @disdukcapil.balangan

9.       LAPOR

10.    Ombudsman: 137 (Telp), 0821-3737-3737 (WhatsApp)

 

v  Penanganan Pengaduan melalui media tersebut di atas akan ditindaklanjuti dengan tahapan sebagai berikut: melaksanakan pengecekan dan klarifikasi antara informasi pengaduan dan petugas berkaitan.

v  Responsif pengaduan maksimal 2 (dua) hari kerja sejak diterimanya pengaduan di hari dan jam kerja.


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!
Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website Lapor Unduh Play Store Unduh Apps Store

Link ke Layanan Online

Galuh Sanggam