BERITA

Bermalam di Libaru Sungkai, Antusiasme warga layanan adminduk

By Administrator | 27 Mei 2024, 21:16:01 WITA

Bermalam di Libaru Sungkai, Antusiasme warga layanan adminduk

Libaru Sungkai (24/05), Malam yang hening dan sunyi di Libaru Sungkai berubah menjadi ramai dengan antusiasme warga mendatangi layanan administrasi kependudukan dan layanan pemeriksaan kesehatan. Ya…berkolaborasi dengan UPT Puskesmas Uren dan Kantor Camat Halong, layanan kepada warga terpencil kali ini dilaksanakan di Libaru Sungkai yang merupakan anak desa dari Binuang Santang Kecamatan Halong.

Berpenduduk mayoritas sebagai petani/pekebun dengan lokasi yang lumayan jauh dari tempat tinggal, membuat layanan administrasi kependudukan maupun layanan publik lainnya memang efektif dilaksanakan pada malam hari. Disdukcapil dengan inovasi layanannya yang bernama “Dewa Cinta” (Dokumen kependudukan warga terpenceil yang terlayani) terus berupaya untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada seluruh warga masyarakat di Kabupaten Balangan khususnya bagi warga terpencil dan memastikan seluruh penduduk mempunyai dokumen kependudukan.

Tidak hanya memberikan layanan perekaman KTP, layanan lainnya seperti Akta Kelahiran, KIA, dan Kartu Keluarga juga menjadi jenis layanan yang diberikan oleh Disdukcapil Balangan. Berkolaborasi dengan UPT Puskesmas uren dengan inovasinya Pubertas (Puskesmas Berjalan di Tapal Batas) memberikan layanan kesehatan mulai dari pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis. Didampingi pula oleh Kantor Camat Halong, BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Babinsa (Bintara Pembina Desa) dan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang melakukan penyusluhan dan pembinaan kepada masyarakat membuat pertemuan yang dilakukan menjadi padat dan sangat bermanfaat.

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Adat Libaru Sungkai membuat masyarakat lebih leluasa untuk mendapatkan berbagai layanan yang dihadirkan. Dengan dukungan penuh dari kepala desa beserta jajarannya baik itu dalam bentuk pengerahan penduduk, penyediaan lokasi dan transportasi membuat layanan dapat berjalan dengan lancar. Mereka berharap layanan seperti ini lebih sering dilaksanakankhususnya pada warga daerah terpencil.